Adit
Blog Universitas Komputer Indonesia

Cluster Server

Cluster Server
Tugas Besar Pemrograman Parallel
Jurusan Teknik Komputer
 
Anggota Kelompok:
- Rizal Yonansyah        10216050
- Syahrul Mubarrok      10216051
- Adhitiya Suparman    10216056
- Arief Lukman             10216037
- Muhsin Abdul Aziz    10216062
 
Server clustering sebuah konsep yang menggunakan lebih dari satu server yang menyediakan redudant interconnections, sehingga user hanya mengetahui ada satu sistem server yang tersedia dan komputer client tidak menyadari jika terjadi kegagalan pada sistem server karena tersedianya server sebagai redudant atau backup. Clustering server dapat digunakan untuk load balancing cluster ataupun  failover clustering.
Komputer cluster terdiri dari set komputer terhubung dengan kerja sama sehingga banyak hal tetapi dilihat sistemnya tunggal. Tidak seperti komputer jaringan, komputer cluster komputer memiliki setiap node set untuk melakukan tugas yang sama, dikendalikan dan dijadwal oleh perangkat lunak. Komponen cluster biasanya terhubung satu dengan yang lain melalui jaringan Local Arena Network (LAN) dengan setiap node komputer digunakan sebagai server berjalan sendiri dari sebuah sistem operasi. Dalam sebagian besar keadaan semua node menggunakan hardware yang sama dan sistem operasi yang sama, meskipun di beberapa setup yaitu mengunakan Sumber Daya Open Source Cluster Aplikasi (OSCAR), sistem operasi yang berbeda dapat digunakan pada setiap komputer dan harware yang berbeda.
Biasanya komputer cluster digunakan untuk meningkatkan kinerja dan ketersediaan satu komputer, sementara biasanya menjadi jauh lebih hemat biaya dari pada komputer tunggal kecepatan sebanding atau ketersediaannya. Komputer cluster muncul dari konvergensi dari sejumlah tren komputasi termasuk ketersediaan mikroprosesor murah, jaringan berkecepatan tinggi, dan perangkat lunak untuk kinerja tinggi komputasi terdistribusi. Mereka memiliki berbagai penerapan dan penyebaran, mulai dari kelompok usaha kecil dengan beberapa node untuk beberapa superkomputer tercepat di dunia seperti IBM Sequoia. Aplikasi yang bisa dilakukan namun, tetap terbatas, karena perangkat lunak harus tujuan-dibangun per tugas . Hal ini maka tidak mungkin untuk menggunakan cluster komputer untuk tugas-tugas komputasi kasual.
Adapun keuntungan dari cluster sendiri terutama dirancang dengan kinerja dalam pikiran, tetapi instalasi didasarkan pada banyak faktor lainnya toleransi kesalahan kemampuan untuk sistem untuk terus bekerja dengan node rusak juga memungkinkan untuk skalabilitas sederhana, dan dalam situasi kinerja tinggi, frekuensi rendah dari rutinitas perawatan, konsolidasi sumber daya klarifikasi diperlukan, dan manajemen terpusat.
 
Desain cluster tersebut bisa kita lihat di gambar dibwah ini
 
1
 
Tujuan Utama Clustering Server
 
1, High Availability Server System
Denan clustering server ini akan memperoleh zero downtime server karena jika salah satu server mengalami down maka server yang lain akan melakukan takeover secara otomatis sehigga user dan applikasi tidak terasa jika terrjadi perpindahan server yang aktif.
 
2. High Performance Server System
Khususnya pada clustering database server  oracle (Oracle Real Application Cluster / RAC), untuk Oracle Enterprise Edition versi 10g dan 11g mampu membanung sebuah clustering oracle RAC hingga 100 node server alias 100 server tersebut bekerja semua secara aktif-aktif server sehigga performance database oracle RAC yang kita bangun tersebut akan memiliki performance atau kinerja sejumlah server yan kita miliki. Hal ini berbeda pada konteks Clusteringnya Windows Server yang berjalan secara aktif-pasif server, sebab sekalipun kita punya 10 server cluster dengan funsional dari windows cluster service maka hanya satu server yang bekerja secara aktif.
 
 

 

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 21 Juni 19 - 18:48 WIB
Dalam Kategori : CLUSTER SERVER PEMROGRAMAN PARALLEL
Dibaca sebanyak : 149 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback